author photo


Dalam sebuah interview di New York Comic-con, Masashi Khisimoto sempat bercerita sedikit proses kreatif yang ia lakukan. Ia menjelaskan bahwa selama ini metode yang ia lakukan masih menggunakan manual mulai dari sketsa, draft story board hingga semua proses selesai.

"Saya terbiasa dengan peralatan manual. Ini sangatlah boros biaya dan sangat menguras waktu. Jika boleh merekomendasikan, maka bagi mangaka yang baru ingin memulai sebaiknya berpindah saja ke digital."

Saran ini bukanlah saran biasa, agaknya Masashi Khisimoto memprediksi bahwa menggunkan pelaratan digital akan lebih efisien dalam bekerja. Oleh karena itu sebelum terbiasa dengan analog maka Masashi Khisimoto menyarankan untuk yang baru memuali agar segera menggunakan digital.

Walau begitu, dia tetap memberi peringatan bahwa "limit" tetaplah ada dalam membuat komik menggunakan  tool digital.

"Tak ada software, tak ada teknologi yang dapat membuat membuat ceritamu menjadi lebih menarik."

Sebuah advice yang perlu dicatata. Bahwa proses kreatif bukanlah dari alat yang digunakan. Semua tergantung tiap person dalam mengembangkan idenya. Tool digital atauapun alat manual hanyalah sebuah fasilitas yang membantu dalam mewujudkan sebuah ide yang kita miliki. (Via ANN / TL AS)

Next article Next Post
Previous article Previous Post