author photo

Untuk sebuah judul artikel, kalimat "Sword Art Online, Tokyo Ghoul, Attack on The Titan, Owari No Seraph, Apa Sebenarnya komposisi untuk Membuat Anime Menjadi Menarik?", terbilang cukup panjang. Biasanya sebuah judul artikel hanya terdiri dari beberapa kata saja, sekitar lima kata. Tapi judul artikel ini memang merepresentasikan rasa penasaran saya.

Empat anime yang saya sebut dalam judul, boleh dibilang adalah anime favorit selama empat tahun ini. Tiap tahun memiliki sebuah "hype"nya masing-masing, itu adalah sebuah hal wajar. Diluar rasa wajar itu, kenapa kita tidak sedikit menilisik lebih dalam. Mengapa semua anime itu bisa populer? Apa sih kompisisi untuk membuat anime menjadi popoler? Mari sejenak bernostalgia merunut plot keempat anime itu.


Sword Art Online bercerita tentang "Kirito" dan gamer lainnya yang depresi karena terjebak dalam sebuah game, untuk bisa keluar maka harus menyelesaikan game itu. Tokyo Ghoul memiliki plot yang unik dimana tokoh utama yang tak berdaya depresi ketika berhadapan dengan ghoul dan akhirnya malah menjadi ghoul itu sendiri. Attack on The Titan, yah seperti yang kita tahu bahwa ceritanya tentang perjuangan manusia di titik terakhir melawan titan. Manusia mati-matian melawan Vampir merupakan plot utama dari anime Owari no Seraph, dibumbui dengan konflik dua orang saudara yang berada di dua kubu yang bertentangan. Semua plot ini menarik terbukti dengan banyaknya fans yang menonton semua anime ini.

Setelah mengetahui plot dari setiap anime itu, lalu kembali kepertanyaan awal, mengapa bisa popoler? mengapa bisa menarik?

Jika dicermati lebih lanjut sebenarnya ada beberapa kemiripan plot cerita yang dimiliki anime itu. Semua bercerita tentang "despair", ketidakberdayaan, keputusasaan dan sebuah titik dimana muncul secercah harapan. Plot sederhana yang bisa dikembangkan dengan berbagai variasi. Kita bisa lihat semua anime itu memakai plot ini, hanya saja dengan bumbu dan racikan yang berbeda.


Bahkan jika menengok kebelakang lagi sebenarnya plot ini juga digunakan di berbagai anime popouler, ambil contoh death note plotnyapun seperti ini. Contoh lainnya Code Geass, inipun tidak jauh berbeda, berada pada titik ketidak berdayaan dan akhirnya menemukan harapan melalui "geass" untuk merubah keadaan.


Mengapa semuanya bisa populer? Karena pada dasarnya kita menyukai sesuatu yang memang kita rasakan sendiri dalam hati. Setiap orang punya titik terberat dalam hidupnya dan setiap orang pasti berharap bisa melalui titik berat itu. Melihat sesuatu untuk mencari pembenaran. Melihat sesuatu untuk mencari inspirasi. Melihat sesuatu untuk merasakan. Kalau boleh saya membuat teori, bahwa sesuatu yang populer itu sederhana saja. Seuatu yang populer adalah sesuatu yang sebenernya kita rasakan sendiri, sesuatu yang banyak orang rasakan di kehidupannya.

//duniavern
Next article Next Post
Previous article Previous Post