Wednesday, November 25, 2015

author photo


Bagi blogger tentunya tak asing dengan layanan wordpress.com, sebuah layanan blog hosting yang menyediakan kebutuhan para blogger. Sebagai sebuah intro bahwa wordpress.com adalah layanan hosting dari script open source "wordpress" yang dapat diunduh di wordpress.org.

Automattic, perusahaan pengembang di balik layanan blogging populer, WordPress.com. Mengusung codename Calypso, Automattic merilis WordPress.com versi baru yang sepenuhnya berbeda. Jika selama ini kita tahu layanan wordpress.com menggunakan PHP dan MySQL untuk memanage tiap blognya maka di versi terbaru dilakukan perubahan.

Perubahan pertama yang cukup mengejutkan adalah penggunaan JavaScript dan API oleh WordPress.com dari sebelumnya berbasiskan PHP dan MySQL. Dengan begitu kini interface dari WordPress.com akan sepenuhnya berbeda dari apa yang kita sering jumpai sebelumnya. Script akan berkomunikasi ke inti dari WordPress menggunakan REST API, mulai dari mengambil konten, mengunggah foto dan mempublikasikan konten baru layaknya aplikasi client namun dalam wujud WordPress.

Calypso menerapkan Single Page Application yang berperan besar menghadirkan kemampuan responsif di segala element, menghilangkan loading halaman ketika pengguna berinteraksi dengan interface. Harapannya dengan cara baru ini maka layanan tidak hanya dapat dinikmati dari desktop, tapi juga tablet dan smartphone.

WordPress.com kini menjelma menjadi aplikasi open source di GitHub. Artinya, kini Anda yang paham coding akan disambut dengan tangan terbuka untuk mengakses kode, memodifikasi, dan menggunakannya kembali selama masih dengan lisensi GNU General Public 2.0.

Pengelola blog self-hosted WordPress juga dapat merasakan fitur ini. Menurut penjelasan Automattic, pengguna WordPress bisa mulai beralih menggunakan Calypso dengan cara memasang plugin JetPack dan menghubungkan blog ke akun WordPress.com
Next article Next Post
Previous article Previous Post