Friday, August 12, 2016

author photo
Event jejepangan memang sangat asik dan seru. Apalagi kalau datang bersama dengan teman-teman. Event yang ramai dengan pengunjung juga bisa menjadi tolak ukur seberapa berhasilnya event itu. Jika dulu kami pernah membahas tentang tipe-tipe pemburu tiket event. Nah kali ini, kami akan membahas apa saja tipe-tipe pengunjung event.Kira-kira kamu masuk tipe apa? yuk cek langsung…
ennichisai-2013-little-tokyo-di-blok-m

1.    Pengunjung Normal
Pengunjung ini beli tiket pre-sale atau bisa juga ots (on the spot). Datang membawa  uang secukupnya jaga-jaga kalau ada barang yang ingin dibeli. Jalan-jalan ke stand makanan beli jajan, menikmati acara sampai habis lalu pulang.
2.   Pengunjung Abnormal
Pengunjung tipe ini merupakan kebalikan dari tipe normal. Ciri-cirinya, datang dengan segala sesuatu yang gak berhubungan dengan event yang dia hadiri. Kadang terlihat berkeliling sambil melamun, atau memutar lagu Indonesia Raya di dekat telinganya. Adakah pengunjung seperti ini? Ada, namun langka. Jika bertemu, kami sarankan untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.
3.   Pengunjung Gak Niat
Beli tiket ots atau gratisan dikasih teman. Datang tanpa membawa uang, berharap dapat gratisan dari doorprize event. Jalan-jalan hanya lihat stand dari jauh, kadang menanyai harga barang tapi cuma iseng aja. Gak ngerti sama acaranya terus pulang sebelum acara selesai.
4.   Pengunjung Pemburu Foto Bareng
Dia datang ke event biasanya untuk berburu cosplayer dan minta foto bareng. Well, ini bisa dibilang simbiosis mutualisme lo. Sang cosplayer merasa di-notice, dan pengunjung pemburu foto bareng ini juga merasa bahagia.
credit to Zulfa Nur
5.   Pengunjung Pemburu Merchandise
Biasanya pengunjung tipe ini sering mantengin timeline toko merchandise tertentu yang akan membuka stand di event. Dia sudah jauh-jauh hari memperhitungkan uang dan barang apa saja yang bakal dia beli. Jadi mungkin skemanya seperti ini : Datang ke event, langsung tancap gas ke stand merchandise, pasang mata mode sakamoto, ambil barang yang sudah dia incar jauh-jauh hari, bayar, tidak lupa menanyakan barang lain yang mungkin akan ada pre-ordernya, memasukan belanjaan ke tas, jalan-jalan sebentar, lalu pulang.
6.   Pengunjung Ikut-ikutan
Tipe pengunjung ini bisa disebut juga pengunjung “dipaksa ikut”, karena biasanya mereka datang ke event karena dibelikan tiket oleh temannya yang tidak punya teman untuk datang ke event. Hayoo.. Pernah seperti ini?
7.   Pengunjung yang Bilang “Ini Naruto, itu Naruto!”
Ini tipe pengunjung yang bikin hati para cosplayer dongkol. Karena yang dia tau cuma Naruto. All about naruto, karena dia gak punya wawasan lain selain naruto. Ketika selesai foto bareng biasanya mereka akan bilang “ Makasih ya, kak Sasuke. Cosplaynya keren jadi Sasuke.” padahal cosplayernya lagi cosplay Noctis, atau “Wah kakak keren banget, ini dari Anime naruto kan? kakak yang di sana juga naruto, nah yang itu juga, itu juga, yang sebelah sana juga, itu jug-“ oke cukup.
8.   Pengunjung Paparazzi
Pengunjung tipe ini biasanya membawa kamera mereka sendiri. Mereka keliling event dan berburu foto namun secara diam-diam. Apa alasannya, mungkin itu kepuasan tersendiri. Bisa mendapatkan foto dengan ekspresi yang tak terduga, kalau bahasa gaholnya sih candid gitu.
Credit to _Riyuna
9.   Pengunjung Komentator
Ini salah satu tipe pengunjung yang ngeselin. Apa-apa dikomen, jelek dikomen, bagus dikomen yang ujung-ujungnya ada jeleknya juga, makanan dikomen, acara dikomen, semoga tukang parkirnya gak ikutan dikomen. Dia sampai lupa menikmati event.
10.                Pengunjung Dermawan
Tipe pengunjung ini sangat jarang ditemukan, dia biasanya akan membelikan tiket masuk kepada teman-temannya yang tidak bisa membeli tiket. Lalu ketika membeli merchandise dia akan mengatakan “Kembaliannya ambil aja, mbak”. Ketika berfoto dengan cosplayer akan meminta dengan halus, kalau perlu sampai bilang permisi, maaf dan terimakasih. Buang sampah pada tempatnya. Rajin menabung dan tidak sombong.
11.                Pengunjung Ngidol
Ini tipe pengunjung yang standby di depan panggung. Kalau acara belum mulai atau idol kesayangan belum tampil, mereka akan berada di pinggiran panggung, dan tiba-tiba akan memenuhi bagian depan panggung ketika para idol  tampil. Pengunjung tipe ngidol kurang lengkap rasanya tanpa light stick dan wotagei. Jika mereka hadir, biasanya event akan semakin ramai dan seru.


12.                Pengunjung Sultan


Ini tipe pengunjung yang membawa berkah bagi penyelenggara event maupun pemilik stand. Ketika datang ke event, dia dengan senang hati membelikan tiket untuk teman-temannya, makin rame makin asik. Dia bawa tas kosong dengan dompet, yang nantinya ketika pulang tas itu akan terisi penuh dengan barang-barang yang dia beli di event. Kadang barang yang dia gak ngerti apaan tetap dia beli karena suka bentuknya, warnanya atau gambarnya. Gak cuma beli satu pcs, tapi kadang borongan. Untuk apa? entahlah, namanya juga sultan. Dia juga gak sungkan beliin temen-temennya makan selama event, perut kenyang ngevent lancar. Semoga semakin banyak pengunjung tipe sultan ini.

Nah itu dia tipe-tipe pengunjung event yang sudah kami rangkum. Kalian masuk tipe yang mana?
Next article Next Post
Previous article Previous Post