author photo

Anime dengan genre sport disukai oleh banyak kalangan, bukan hanya anak kecil namun orang dewasa juga menikmati anime dengan genre ini. Nah, salah satu cabang olahraga dari anime sport ini adalah volleyball, siapa sih yang gak tahu dengan olahraga bola voli?

Pada tahun 2014 lalu, muncul anime Haikyuu!! yang mengambil tema olahraga bola voli, anime ini sukses dengan rating tinggi loh. Jika selama ini anime genre sport notabene adalah basket atau renang, kini dengan hadirnya anime Haikyuu!! cabang olahraga voli ikut naik daun.
Pasti penasaran kan, ada tidak ya anime dengan tema olahraga bola voli sebelum anime Haikyuu!! lahir? Ternyata ada! Yuk simak ulasannya.

1.Attack No.1

Attack no.1 dibuat pada tahun 1969! dengan jumlah episode sebanyak 104 episode. Pada zamannya anime ini cukup populer, wajarlah jika tembus hingga 100 lebih episode. Anime ini menceritakan tentang kisah seorang gadis bernama Kozue yang memiliki mimpi untuk dapat bergabung dengan tim voli nasional Jepang .

Anime ini bisa dibilang adalah buyut atau sesepuh dari anime dengan tema olahraga bola voli, karena menurut informasi, anime inilah yang pertama kali mengusung tema olahraga bola voli. Manganya terbit pada tahun  1968, dibuat oleh Mangaka bernama Chikako Urano. Nantinya anime ini menjadi sumber inspirasi dari anime-anime dengan tema serupa yang akan muncul .


2.Attack on Tomorrow (Ashita e Attack)


Dari judulnya mengingatkan kita dengan anime Attack on Titan, tapi bukan, genrenya pun berbeda jauh. Anime ini dibuat pada tahun 1977! Bahkan sebagian besar dari kita belum lahir ya. Anime ini menceritakan tentang sebuah tim bola voli di sebuah sekolah menengah Jepang, mereka berjuang untuk memenangkan perlombaan bola voli Nasional, namun perjalanan tak semudah itu. Terdapat banyak konflik dan permasalahan yang harus mereka lalui.


3.Attacker You!

Lalu terakhir ada Attacker You! dibuat pada tahun 1984! Wah anime ini juga ternyata sudah sangat lama diterbitkan, ada yang pernah menontonnya? Anime ini bercerita tentang seorang gadis bernama You Hazuki yang juga bercita-cita dapat masuk ke dalam tim voli Nasional Jepang. Nampaknya, anime ini memang terinspirasi oleh anime Attack No.1


Next article Next Post
Previous article Previous Post