author photo

Halo, selamat siang. Saya di sini hanya ingin menyampaikan apa yang saat ini mengganggu di otak saya. Namun, saya tegaskan bahwa saya tidak mencoba untuk sok bijak. Saya hanya ingin teman-teman sehobi untuk lebih saling menghargai agar kedepannya dunia hobi yang kita cintai ini kembali nyaman dan damai.

Belakangan, saya melihat banyak sekali drama-drama yang bertebaran di Forum Jual Beli (FJB), tentunya termasuk ke dalam kriminalitas atau cyber crime dan pelakunya dapat dituntut oleh hukum. Namun, bukan hukum yang akan saya bahas di sini, melainkan tentang moral yang kian hari kian tergerus.

Dulu, ah belum terlalu lama kok. Cukup kita lihat pada tahun kemarin, dunia jual beli barang-barang cosplay masih nyaman dan aman. Seller TERPERCAYA, buyer yang TAK MENGEJAR RESI, dan harga barang yang sesuai kualitas TAK PERNAH DITAWAR TANPA  HATI. Tapi sekarang, ya kita tau seperti apa bentuknya, sesering apa postingan drama muncul di timeline kita, dan sekonyol apa alasan drama itu terjadi. No, saya tidak sedang merendahkan pihak manapun, bukan pihak seller maupun buyer, atau pihak api kompor drama. Yuk kita telaah dulu apa inti masalahnya.

Ketika terjadi drama atau permasalahan,  pihak mana yang patut disalahkan? Menurut saya, semua orang yang masuk ke dalam drama tersebut patut mendapat bagian untuk bertanggungjawab, bukan untuk disalahkan.

Seller, misalnya, apa susahnya sih jadi seller yang terpercaya. Kalau lagi BU kan bisa usaha yang lain juga, bukannya nipu sana sini minta transfer cepet dan besoknya ngilang, uangnya gak bakal berkah loh itu, kalau dipake makan pun makanannya gak bakal berkah di perut, hidup kekal bukan di dunia tapi masih ada pembalasan di akhirat nanti, well sayangnya manusia paling tidak takut dengan dosa.

Oleh karena itu, tetap saja semakin hari semakin banyak orang yang melakukan penipuan, alasannya? penjahat di dunia cyber alias cyber crime masih sangat sulit untuk ditangkap atau diproses. Namun, saat ini terdapat berbagai cara untuk melaporkan tindak kejahatan, dengan menyertakan bukti-bukti, pihak kepolisian akan mengusut dan no rekening akan diblokir. Caranya cukup datang ke kantor polisi dan bawa bukti sebanyak mungkin, atau bisa melalui email cybercrime@polri.go.id atau akses www.reskrimum.metro.polri.go.id

Tapi masih banyak juga seller yang terpercaya dan menjual barang dagangannya sesuai dengan kualitas yang ada yang tentunya gak kabur-kaburan. Masih banyak orang-orang jujur di luar sana namun karena adanya seller-seller nakal, nama baik seller yang terpercaya semakin jatuh. Ada saja seller baik yang bertemu dengan buyer tanpa hati yang mengejar seller padahal sudah diberi pengertian. Ada saja seller yang menjual kualitas tapi ditawar dengan “100k inc ongkir ya kak?”. Yeah, Keep strong fellas.

Buyer juga tak luput dari drama yang kian hari kian konyol akar perkaranya. Jadilah buyer yang cerdas dan juga sabar. Buyer memang perlu berhati-hati namun tidak dengan cara yang kasar dan terkesan mengejar-ngejar penjual. Ada baiknya kita bertanya dengan orang-orang atau teman ketika akan membeli sesuatu, belilah di tempat yang banyak direkomendasikan orang untuk mengurangi hal-hal yang tak diinginkan, jangan tergiur dengan harga murah, sekali lagi JANGAN.  Jika dirasa ada yang salah dari seller, seperti tidak menepati janjinya pada kesepakatan awal, sila ditanyakan dulu alasannya. Jika pada akhirnya tak ada kabar dan fix bahwa dia buyer nakal, cukup laporkan ke polisi dan beritahu teman dalam forum untuk meng-kick atau mem-blacklist seller tersebut. Tidak dengan kalimat yang mengundang komentar-komentar nakal, karena manusia paling pintar dan gampang tergoda buat ikut-ikutan jadi api kompor drama.

Selain seller dan buyer, penyimak juga terlibat loh, dan bahkan penyimak inilah yang memegang peran penting. Jadilah penyimak sosial media yang cerdas dan bertanggung jawab. Cukup jadikan informasi bahwa seseorang telah masuk ke dalam blacklist jual beli, tidak dengan memberikan komentar-komentar penyulut. Gak akan selesai kalau terus-terusan disulut, yang ada kebakaran.

Well, tulisan di atas mungkin ada salahnya atau ada benarnya. Tapi itulah yang saya rasakan saat ini dan beberapa poin di atas bisa jadi adalah penyebab adanya drama-drama yang semakin mejamur. Ayolah, kemana sih moral bangsa yang sejak dulu kita banggakan? Dunia jual beli sudah tak terasa nyaman lagi, jangan sampai hal ini berlanjut dan membuat semua orang kapok untuk  melanjutkan hobi yang kita cintai ini. Yuk kembalikan FJB nyaman, kembalikan dunia cosplay yang nyaman.

Biasakan pakai tagar #kembalikancosplaynyaman #kembalikanFJBnyaman
Terimakasih beda unik sudah menampung opini saya. ;)

K.

*)Bedaunik menyediakan rubrik “kolom” yang dapat dipergunakan untuk sharing opini terkait dunia pop culture. Tertarik untuk mengirimkan tulisan berupa opini seputar dunia anime/manga/jejepangan/cosplay? Tulis opinim untuk dimuat dalam rubrik “kolom” bedaunik. Kirimkan draft tulisannya ke info@bedaunik.com dengan subjek “Rubrik Kolom”

Next article Next Post
Previous article Previous Post