author photo


Selamat siang, apa kabar nih ? Hari Minggu memang paling asik kalau mantengin Bedaunik. Nah, kali ini kita akan membahas tentang tips-tips ampuh untuk menghindari penipuan jual-beli online. Di era yang serba instan ini, belanja online bukanlah hal baru lagi, semakin banyak website yang dapat memenuhi kebutuhan kita dalam berbelanja. Selain hemat waktu, kita juga dapat mencari barang-barang yang susah kita dapatkan di daerah kita. Sangat menguntungkan ya? Namun, tak sedikit juga nih oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan hal ini.

Buat kalian yang sering belanja online, ini dia tips-tipsnya. Yuk kita simak !

Pastikan kalian belanja di orang/tempat/website/aplikasi belanja terpercaya




Kini belanja online sangat mudah dilakukan, tidak hanya pada website tertentu, namun juga dengan mudahnya kita dapat berbelanja dengan orang yang menawarkan barangnya.

Untuk menghindari penipuan tentunya kita harus memastikan bahwa tempat di mana kita akan berbelanja adalah tempat yang aman dan terpercaya.

Jika itu website, pastikan website tersebut sudah dikenal dengan keamanannya dalam berbelanja. Jika itu aplikasi berbelanja, pastikan pula bahwa aplikasi tersebut memiliki proses pembayaran yang aman. Nah, jika itu tempat atau orang yang menjual barang secara pribadi berikut ini akan kita bahas lebih dalam :

 Periksa testimoni yang ada

Periksalah testimoni atau bukti transaksi sebelumnya. Pastikan bahwa itu bukanlah testimoni curian. Semakin banyak jumlah testimoni, tentu kita semakin yakin. Perhatikan pula kapan terakhir kali si penjual mengupdate testimoni tersebut.

Tanya di forum jual beli (FJB)




Forum jual beli selain sebagai tempat berbelanja juga bisa menjadi tempat untuk bertanya tentang si penjual. Apakah si penjual tersebut terpercaya dan aman, ataukah bad service dan tidak dapat dipercaya.

Minta gambar asli




Ketika akan membeli barang, tentunya kita akan meminta gambar atau foto kepada si penjual. Nah, pastikan foto itu asli dari jepretan si penjual. Caranya, dengan meminta lebih dari 3 foto dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda. Bisa juga dengan meminta si penjual menuliskan namanya pada sebuah kertas, lalu memfotonya. Cara ini akan meyakinkan kita bahwa barang benar-benar ada dan berada di tangan si penjual.

Pelajari gerak geriknya dalam membalas pesan

Kita memang perlu memastikan gerak geriknya dalam membalas pertanyaan kita. Jika terlihat mencurigakan seperti banyak alasan untuk menolak foto dan lain-lain, kita harus lebih waspada.

Jangan mau diminta transfer cepat

Hal ini kadang terjadi, si penjual meminta kita untuk secepatnya mentransferkan uang. Dengan alasan yang bermacam-macam, seperti butuh uang, berobat, dll.

Pastikan dulu apa kelihatannya dia bersungguh-sungguh atau tidak. Dan pikirkan kembali, jika barang yang ingin anda beli tidaklah begitu urgent, coba menundanya beberapa hari.

 Mintai kontak lengkap




Mintai kontak lengkap seperti nomor telepon, pin BBM, atau Line. Setidaknya milikilah lebih dari satu kontak agar kita dapat menghubungi si penjual dengan mudah.

Jika dibutuhkan, mintai foto KTP

Nah, ini juga bisa dilakukan jika memang kita ingin memastikan keamanan transaksi. Jika si penjual menolak dengan berbagai alasan yang tak masuk akal, kita wajib waspada.

Itu dia tips-tips jitu untuk menghindari penipuan jual-beli online. Belanja online memang mengasyikan, namun tak ada yang lebih penting selain keamanan. Selamat berbelanja fellas
Next article Next Post
Previous article Previous Post