author photo

Selamat pagi, Selamat Hari Raya Idul Adha bagi yang merayakan. Yap, hari ini bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1437 H. Nah, hari ini kita akan mengintip bagaimana keseruan perayaan Idul Adha di Negeri Bunga Sakura alias Jepang!

Hmmm.. kira-kira bagaimana ya suasana Idul Adha di sana? Apa ada Qurban juga seperti di Indonesia? Yuk simak langsung..

1. Sholat Idul Adha tak hanya di dalam masjid


Di jepang, belum terdapat banyak masjid seperti yang kita miliki di Indonesia. Di sana terdapat masjid seperti di Osaka, namun tak mungkin jika semua umat muslim Jepang berbondong - bondong ke Osaka, tempatnya pun belum cukup untuk menampung banyak umat.

Oleh karena itu. Biasanya umat muslim di Jepang melaksanakan sholat Id di bangunan sekolah, kampus dan lainnya. Seperti pada tahun 2014, sholat Id juga dilaksanakan pada Korean International School

2. Ada Qurban


Ternyata di Jepang juga ada pelaksanaan Qurban loh. Namun biasanya dilakukan oleh pihak pengurus saja, yang perlu kita lakukan adalah mentransfer uang untuk membeli hewan qurban, dan segala urusan penjagalan dsb sudah diurus.

3. Harga sapi yang cukup terjangkau


Dibandingkan dengan Indonesia, harga sapi di Jepang ternyata lebih rendah. Yaitu 43.000 yen, atau 5,5jt rupiah.

4. Kumpul-kumpul dengan berbagai macam masakan

Di Jepang tak hanya terdapat warga negara Jepang yang beragama Islam, namun banyak pendatang dari luar negeri seperti Turki dan Indonesia.

Maka, ketika Idul Adha tiba maka makanan yang disajikan ketika berkumpul adalah makanan dari berbagai negara asal mereka.

Hmm.. menarik ya perayaan Idul Adha di Jepang. Bagaimana menurut kalian?
Next article Next Post
Previous article Previous Post