Monday, October 24, 2016

author photo


Selamat Pagi Sahabat Beda Unik, selamat hari senin! Untuk menambah semangat kalian di awal pekan ini, Beda Unik hadir membawa info-info fresh yang pastinya gak mau kalian lewatkan.

Jika kemarin kita sudah membahas tentang komik Antaboga dan komikusnya, kali ini kita akan membahas tentang webtoon 7 Wonders dan Kreator hebat di baliknya! Yuhuu, siapa sih yang gak tau dengan 7 Wonders? 7 Wonders adalah salah satu komik resmi yang ada dalam web comic Webtoon. Nah, beberapa waktu lalu, Beda Unik berkesempatan untuk mewawancarai komikus 7 Wonders ini loh! Belum kenal dengan komik dan komikusnya? Ingin tau awal mula webtoon 7 Wonders ini? Atau mungkin kalian menginginkan spoiler ending webtoon 7 Wonders? Langsung saja deh, keep scroll down fellas! ;)

Kehidupan Jaka yang penuh kesenangan tiba-tiba berubah ketika perusahaan Ayahnya mengalami kebangkrutan. Di tengah keterpurukan, Jaka bertemu dengan 7 bidadari dari khayangan. Akankah Jaka mendapatkan keajaiban yang bisa mengubah kehidupannya seperti semula?
-prolog, 7 Wonders by Metalu-

Jaka adalah tokoh utama dalam serial 7 Wonders ini, dia adalah seorang anak dari pengusaha yang mengalami kebangkrutan. Namun, hidupnya sedikit demi sedikit berubah ketika dia bertemu dengan seorang bidadari cantik bernama Kenanga. Banyak readers terkecoh dengan alur cerita yang dimiliki oleh 7 wonders. Misalnya, beberapa (re: bahkan banyak orang) mengira bahwa 7 Wonders menceritakan legenda Jaka Tarub versi modern. Bisa jadi kalian salah satunya? Hmm… Namun, sayang sekali tebakan kalian salah.

7 Wonders bukanlah versi modern dari legenda Jaka Tarub. Justru komik ini memuat banyak informasi yang akan menguak legenda tersebut. Semakin penasaran kan? Sebelum semakin asik, kita kenalan dulu yuk dengan Kreator 7 Wonders.

Metalu atau akrab di panggil Kyo adalah komikus hebat di balik komik epic 7 Wonders. Kak Metalu ini berasal dari Banyuwangi, dan kini dia bekerja juga menetap di Yogyakarta.

Ternyata keahliannya menggambar komik dimulai dari kecintaannya menonton kartun dan membaca komik sejak kecil loh! Sejak kecil, Kak Metalu senang membaca koleksi komik milik ayahnya, lalu berlanjut dengan hobinya menggambar komik ketika SMP.

          “Mulai gambar komik dari SMP, iseng-iseng bikin dan di baca temenku.”

Sebelum menerbitkan serial 7 Wonders di Webtoon, kak Metalu pernah membuat komik webtoon lain berjudul “WON the Bossy Cat”, dia juga pernah membuat komik kompilasi dari film “Hari Ini Pasti Menang” yang berjudul “GO 8”. Nah, selain bergelut di bidang komik, kak Metalu juga seorang background artist loh.  Kalian pasti tau kan dengan film animasi berjudul “Battle Of Surabaya”? Kak Metalu ikut andil dalam pembuatannya!

Selain informasi keren tadi, ada yang unik nih dari kak Metalu. Pasti beberapa readers bertanya-tanya, kenapa ya 7 Wonders mengusung tema legenda? bukan hanya romance seperti kebanyakan komik Webtoon lainnya? Crew Beda Unik sendiri curiga bahwa kak Metalu ini sangat menyukai sejarah, namun setelah ditanyakan, ternyata kak Metalu justru sangat membenci sejarah! Waduh, kok bisa ya? Jadi seperti Batman dong, yang takut dengan kelelawar dan malah menjadi “Manusia Kelelawar”.


“Aku sebenernya benci sejarah, pelajaran sejarah itu dari dulu gak pernah nempel, sampai remidi terus. hehehe..”

Wah, unik sekali ya. Tapi, jika kak Metalu membenci sejarah, mengapa dia mengangkat tema legenda? Ternyata, kak Metalu terinspirasi oleh salah satu dosennya di kampus. Beliau sering mengangkat tema-tema bernuansa Indonesia. Sejak saat itulah kak Metalu terinspirasi dan mulai mengusung tema sejarah juga legenda-legenda, pandangannya telah berubah dari benci menjadi Indah.

“Sekarang, menurutku sejarah itu indah.”



Kak Metalu juga mengatakan bahwa menjadi komikus bukan hanya tentang gambar yang bagus, namun apa yang membuat karya kita berbeda dan bermanfaat.

"Karena karya dan gambar yang bagus itu BANYAK. Makanya kita buat karya yang punya nilai-nilai yang bermanfaat. Jadi, pembaca bukan hanya mendapat hiburan tapi juga edukasi.”


Nah, seru kan informasi-informasi unik di atas. Sekarang kita lanjut ke 7 Wondersnya yuk. Ada sedikit spoiler nih dari kak Metalu, 7 Wonders rencananya akan tamat pada chapter 50+, namun untuk chapter tepatnya masih belum diketahui. Ada satu lagi nih, ada hal yang ingin diungkap dan disampaikan oleh kisah Jaka dan bidadari-bidadari cantik ini, yaitu… Perjalanan hidup manusia. Maksud dari perjalanan manusia itu bagaimana ya? eitss, nantikan saja chapter-chapter berikutnya ;).

Akhir kata, Kak Metalu menyampaikan opininya tentang dunia perkomikkan di Indonesia yang memiliki efek baik dan buruk. Baik, karena kini masyarakat Indonesia semakin mudah untuk membaca komik hasil karya anak bangsa, dan ada buruknya karena masyarakat agak susah untuk membeli komik versi cetak. Namun, secara garis besar, perkembangan komik di Indonesia menuju arah yang baik. Satu lagi nih pesan dari kak Metalu, daripada kita sibuk merendahkan karya orang lain, lebih baik kita membuktikan bahwa kita dapat membuat sebuah karya yang hebat.

“Daripada banyak omong, mending bikin, deh. Buktiin kalau kita bisa berkarya.”


Rep.Kirara
Next article Next Post
Previous article Previous Post