Thursday, December 08, 2016

author photo

Tawa Riang, Gema Teriakan hingga derai airmata menghiasi KARAWANG IDOL FESTIVAL 2016


Tanggal 27 November 2016 merupakan tonggak bersejarah dimana untuk pertama kalinya kota Lumbung Padi, Karawang Jawa Barat mengadakan pesta dimana para pecinta Japan Idol Group, Dance Cover dan Band bernuansa Jepang berkumpul menjadi satu dalam satu panggung.

Tepat Pukul 11.00, TENGG !!!  Karawang Idol Fest 2016​ [KIF 2016] resmi dimulai. Diawali dengan penampilan dari Arumba Fatkar Ansamble, persembahan dari SMAN 4 Karawang yang membawakan lagu-lagu tradisional Jawa Barat dengan Angklung dan gambang. Dilanjutkan oleh penampilan beberapa Dance cover asal kota Karawang dan sekitarnya. Dan seperti di setiap event-event Jepang lainnya di seluruh Indonesia, lagu dari 48 Family baik milik AKB48, SKE48, NMB48, HKT48 hingga ke JKT48 masih mendominasi dan masih disukai oleh beberapa Dance Cover Group, seperti yang dibawakan oleh group Chokichi​, Etsuko​, Navillera​, KRW48​, HanAsuka, Mochi Kimochi, Kagayaku Hikari​ dan SED Cover Dance 48 Familly Karawang​.

Yang sedikit berbeda, KIF 2016 juga menyelipkan beberapa Band beraliran J-Rock dan Anisong sebagai selingan seperti 5Story dan Azuma. Sesi pertama KIF berakhir pada pukul 15.45 yang ditutup oleh penampilan group Motion Girl asal ibukota Jakarta dengan lagu-lagu milik kamen Joshi dan pengumuman pemenang sekaligus pembagian hadiah Quiz yang beberapa hari sebelumnya dilakukan oleh panitia via Fanspage Karawang Idol Festival di Facebook. Hadiah untuk pemenang disediakan oleh Fupay Store​ yang merupakan salah satu sponsor dari Acara KIF 2016.

Sesi kedua dimulai pukul 16.00, selepas Ashar, diawali dengan penampilan Band Bless For Blossom, sebuah band beraliran J-Rock yang penampilannya cukup membakar semangat para penonton yang sudah mulai lelah karena sudah menunggu dan berteriak-teriak sejak jam 11 siang. Setelah dibakar semangatnya oleh penampilan band, penampilan berikutnya adalah group asal Kota Karawang, Sakura Blossom​. Group Dance satu ini sudah cukup dikenal di Karawang karena sudah beberapa kali tampil di event J-Pop baik di kota Karawang, hingga ke kota sekitarnya seperti Cikarang dan Bekasi. 

Salah satu penampilan yang unik, dibawakan oleh Dance Cover asal kota Bandung yaitu Daisy​. Tidak seperti cover Idol group pada umumnya, yang lebih memilih lagu yang bertempo cepat dan beat yang menyentak-nyentak, group yang beranggotakan 4 orang personil ini justru membawakan lagu yang cenderung lembut, melodius dan tenang. Seperti lagu milik C-ute, Sekai Ichi Happy na onna no ko, Flower Yasahisa de afureru you Ni dan Shirayuki Hime. Berbeda dengan group lain dimana para personilnya melompat-lompat, para personil Daisy justru bagaikan menari ballet diatas panggung. Para penonton termasuk panitia cukup terkesima dengan penampilan unik dari group satu ini dan crew Bedaunik akan membahas lebih dalam tentang Group ini di artikel mendatang. 




Dan sesi ke II ditutup oleh penampilan Band asal Karawang After 10 Minutes dan pertunjukan istirahat selama kurang lebih 30 menit berbarengan dengan berkumandangnya Adzan Magrib.

Setelah Adzan Magrib, penampilan yang ditunggu akhirnya tiba. 3 Group Super dari 3 kota berbeda akan membakar semangat seluruh penonton di KIF dengan lagu-lagu mereka. Diawali dengan penampilan Idol Group asal Bekasi, Revolution Aishiteru (Ren-Ai Project​). Ren-Ai bersama para fans fanatiknya yaitu Ren-Ai Fighter meneriakkan yell-yell dan chant mix yang mendukung penampilan idola mereka hingga menggema ke seluruh pelosok Mall. Hal ini juga yang menyebabkan banyak para pengunjung mall yang penasaran dan berjalan sejenak ke arah panggung KIF (Good Job, Fighter).  Ren-Ai membawakan 5 buah lagu yaitu Electron [Stereo Tokyo], Pretty Pretty Good (POP), Miracle First Date (Jewel Kiss) dan 2 buah lagu milik mereka sendiri yaitu Love Love Fighter & Idol Menangis. Selama kurang lebih 30 menit, Ren-Ai bersama para Fighter membakar semangat para penonton.

Tensi belum mereda, para penonton kembali dibakar oleh penampilan Idol Tuan Rumah Karawang yaitu Aidoru Jyanaimon​ [AIMON] yang membawakan lagu dengan beat yang cepat seperti lagu Toxic [Passcode], Natsusora no Hanabi [Passpo]. Selain itu, AIMON juga memiliki 3 buah kejutan. Kejutan pertama adalah AIMON kedatangan mantan personil mereka yang sekarang telah bergabung dengan JKT48 yaitu Fidly Immanda yang akrab disapa dengan Fia. Bagi para penonton yang mungkin menyaksikan acara ini, Fia JKT48 sempat berada di sisi panggung sepanjang sore lho.

Kejutan berikutnya, AIMON mengajak band After 10 Minutes untuk naik keatas panggung dan berkolaborasi untuk membawakan lagu milik BiS yaitu Primal dan BiSH yaitu Orchestra. Sebuah kolaborasi unik yang belum pernah dilakukan oleh AIMON sebelumnya. 

Kejutan ketiga dan cukup membuat shock seluruh Official adalah, AIMON yang sebelumnya selalu membawakan/mengcover lagu milik Idol group lain, kali ini bersama After 10 Minutes, mereka telah menyiapkan lagu ciptaan mereka sendiri. Dan ini mereka lakukan tanpa sepengetahuan dari seluruh crew dan Official AIMON yang ada di lokasi KARENA sebenarnya lagu yang disiapkan untuk lagu penutup pada saat latihan terakhir, bukanlah lagu ini. 

Tentu saja ini mengagetkan seluruh crew & Official AIMON yang ada di lokasi bahkan beberapa crew & Official ada yang menitikkan airmata karena terharu. Sungguh kejutan yang luar biasa :,) 
Jadi para AIMON-STER (sebutan untuk fans AIMON) yang baru pertama kali mendengarkan lagu ciptaan para personil AIMON bersama After 10 Minutes, yang berjudul “Shuumatsu Aidoru” (Idola Akhir Pekan), kami, para crew & Official juga baru pertama kali mendengarnya pada saat KIF kemarin. Liriknya mengisahkan perjalanan AIMON dari awal terbentuk hingga curhat sesi latihan dan perform yang hanya bisa mereka lakukan tiap hari Sabtu dan Minggu, karena kesibukan masing-masing member. 



Penampilan selanjutnya sekaligus sebagai penutup acara, adalah penampilan dari bintang tamu istimewa. Sebuah Idol group asal kota kembang Bandung yang sudah melalang buana hingga ke Negeri Sakura Jepang yaitu Lumina Scarlet​ (LuSca). Sudah dapat diduga, lewat penampilan LuSca, para penonton diajak untuk menghabiskan seluruh tenaga mereka yang tersisa dengan lagu-lagu yang sudah pasti akrab di telinga para penggemar idol group Jepang. Dibuka dengan lagu milik Idol Group besutan Idol Street, Wa-Suta (The World Standard) yang berjudul Inu Neko Seishun Massakari. Dilanjutkan dengan lagu milik Country Musume - Uwaki na Honey Pie. Tensi meningkat ketika intro lagu BunBun9 milik Cheeky Parade bergema dimana para fans LuSca (yang menamakan diri mereka Luminoid) maupun pengunjung lain mulai melakukan chantmix dan yell-yell bersama-sama. Selanjutnya, lagu milik LuSca yang berjudul Scarlet Melody berkumandang, membuat suasana agak sedikit mereda. Tetapi tidak selesai disitu, setelah Scarlet Melody, Para personil LuSca kembali menaikkan tensi para penonton dengan membawakan lagu milik BiS yaitu Nerve. Kontan seluruh penonton yang sempat terduduk, kembali mendekati panggung dan bernyanyi bersama. Lagu terakhir yang dibawakan LuSca adalah lagu "Pemanggil Hujan" milik Miki Fujimoto yaitu Romantic Ukare Mode. :D Dan lagu Romankare ini sekaligus sebagai lagu penutup dari Event Karawang Idol Fest​ 2016.

Akhir kata, Seluruh panitia, Staff dan Crew Karawang Idol Festival mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor, Pengelola Festive Walk, Bedaunik.com sebagai media partner, pihak security yang menjamin acara berjalan dengan lancar dan aman, para pengisi acara dan stand, para bintang tamu dan tentu saja para penonton yang telah menanti sejak siang hari hingga akhir acara, bahkan ada yang khusus datang dari Jogjakarta, Bandung, Bekasi, Bogor dan Jakarta. Semoga kalian semua terhibur dan sampai bertemu di Karawang Idol Festival 2017 yang tentu saja dengan bintang tamu yang lebih heboh.

-=D.H=-


Event Report by: Daniel Horikita
Pict by: Ikhwanur Rahman
 
Next article Next Post
Previous article Previous Post