Monday, March 20, 2017

author photo

Melalui akun instagramnya (https://www.instagram.com/stmmaxpo/), STMM Animation Expo (STMM AXPO) menyatakan akan menggelar kembali STMM AXPO 2017 pada tanggal 24, 25, dan 26 Maret 2017. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu STMM AXPO, ini merupakan event yang berisi pameran, seminar, pemutaran film animasi, dan berbagai lomba yang berhubungan dengan animasi.
Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya yang digelar di Auditorium STMM, perhelatan pameran animasi akbar kali ini akan digelar di Jogja National Museum, Wirobrajan. Dilaporkan ada perombakan besar untuk perhelatan ini.
Dengan tagline “Pameran animasi paling cihuy di Jogja!”, AXPO 2017 kembali mengajak para pegiat dan pelaku industri kreatif khususnya dunia animasi, diantaranya animator, comic artists, illustrators, studio, komunitas, dan penikmat animasi untuk ikut berpartisipasi dalam event ini.
Lomba-lomba AXPO 2017 ini juga tak kalah seru, tidak hanya mengajak pelaku industri kreatif saja tetapi penikmat industri kreatif juga bisa ikut turut serta untuk meramaikan euforia event ini. Salah satu lomba yang bisa diikuti adalah lomba foto hits, di mana peserta cukup mengupload foto dirinya memegang kertas bertuliskan #AXPO2017 di instagram. Adapun lomba-lomba yang bisa diikuti bagi para pegiat industri kreatif antara lain lomba komik strip, animasi pendek, dan redesain maskot. Selain itu AXPO 2017 juga menggelar lomba meggambar untuk tingkat SD-SMP-SMA sederajat.
Pada AXPO 2017 kali ini hadir sutradara film animasi layar lebar Battle of Surabaya, Aryanto Yuniawan untuk menjadi pembicara yang telah meraih beberapa penghargaan, diantaranya Most People's Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013 dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014. Hadir juga kreator komik populer di Webtoon Ghosty’s Comic, Raden Fajar Hadria Putra serta salah satu studio animasi di Jogja Kasatmata Studio, Gangsar Waskito.
AXPO 2017 juga menyediakan 16 stand makanan di depan gedung Jogja National Museum, sehingga anda tak perlu khawatir kelaparan di sana. Tidak hanya menampilkan hasil karya-karya seputar animasi, di sini anda juga bisa mencoba berbagai alat yang biasa digunakan untuk membuat animasi secara gratis. Diantaranya ada pen tablet, pen display, motion capture, serta bisa melihat proses printing 3D secara langsung.
Rangkaian Acara:
Jumat, 24 Maret 2017
  1. Pembukaan AXPO 2017 jam 16.00 WIB
  2. Seminar “Animators What do They do?” oleh Gangsar Waskito
  3. Screening film animasi
Sabtu, 25 Maret 2017
  1. Seminar “Youth Digital Creator” oleh Raden Fajar Hadria Putra
  2. Screening film animasi
Minggu 26 Maret 2017
  1. Seminar “Animasi Indonesia” oleh Aryanto Yuniawan
  2. Lomba menggambar tingkat SD-SMP-SMA sederajat
  3. Screening film animasi  
Next article Next Post
Previous article Previous Post