Review Anime Full Metal Panic! - Throwback


Anime yang akan saya review kali ini adalah sebuah serial Mecha klasik yang sudah berumur lebih dari satu dekade, yaitu Full Metal Panic. Saya akan mereview secara mendetail setiap segment yang ada, mari kita mulai reviewnya.

Judul : Full Metal Panic!
Tanggal Rilis : 8 Januari 2002
Episode : 24
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Sci-Fi, Comedy, Mecha
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Gonzo

Sinopsis

Menceritakan tentang sebuah grup militer anti-teror bernama Mithril, Sagara Sousuke mendapatkan tugas dari Mithril untuk melindungi seorang gadis SMA yang bernama Kaname Chidori, Kaname memiliki kemampuan "Whispered" dimana kemampuan tersebut sering di-incar oleh para teroris dan orang - orang jahat. Untuk memudahkan Sousuke melindungi Kaname, dia masuk siswa di SMA tersebut. Dengan minimnya pengetahuan umum masyarakat, Sousuke harus bisa beradaptasi dengan orang biasa sambil melindungi Kaname dari tangan - tangan orang  jahat.

Jalan Cerita
Ceritanya ditulis dengan bagus, pacing tidak terburu-buru tetapi hal yang menarik dari anime ini adalah, mereka menggabungan cerita serius tentang militer dengan romansa dan komedi. elemen tersebut digabungkan dengan baik di anime ini dan hal tersebut membuat cerita yang ada lebih enak untuk dinikmati. There's nothing worthy to write anymore but, anime ini merupakan sebuah adaptasi endingnya dibiarkan terbuka, dan akan dilanjutkan nanti di Sequel Full Metal Panic Second Raid.

Karakter
Selain tiga karakter utamanya, anime ini juga memperkenalkan beberapa karakter sampingan. saya tidak akan menulis nama mereka satu-persatu, but i'll write the group instead yaitu teman - teman Kaname di sekolah, anggota tim Sousuked dan beberapa karakter antagonis. Karakter - karakter tersebut memiliki variasi yang cukup unik namun terasa tidak begitu original dan mereka tidak terlalu terlibat di dalam cerita anime ini, kecuali plot membutuhkan mereka. Character Developmentnya juga kurang, Kaname dan Sousuke mendapatkan character development namun sangat minim sekali, yang lebih parah antagonistnya tidak dilirik sama sekali.

Art
Saya benar - benar suka dengan desain karakternya, terutama Sousuke dan Tessa, mereka berdua menurut saya karakter yang memiliki desain yang paling unik dibanding yang lain. selain itu anime ini memiliki animasi yang halus untuk adegan aksinya, adegan tersebut dibuat dengan baik dan benar - benar terasa menegangkan saat dilihat. Ada beberapa momen dimana anime ini menggunakan teknologi 3D CGI, namun menurut saya CGI di anime ini cukup buruk, tapi ya mengingat ini anime tayang tahun 2002 bisa dimaklumi. Berhubung ini anime Mecha, tentu kita harus membahas tentang desain Mecha yang ada, well, there's not much robot variety in this anime. kurang lebih ada 3 jenis robot yang muncul di anime ini tapi mereka didesain dengan bagus dan terlihat unik & menakjubkan.

Ost
Anime ini memiliki beberapa soundtrack yang cukup menakjubkan dan sangat memorable. Lagu pembuka ("Tomorrow" dinyanyikan oleh Mikuni Shimokawa) dan penutup ("Karenai Hana" dinyanyikan oleh Mikuni Shimokawa) OST anime ini juga cukup enak untuk didengarkan. Selain soundtrack, anime ini juga memiliki VA yang benar - benar pas dengan karakteristik dan sifat karakter yang ada.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 6 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 9 / 10
Full Metal Panic! : 8 / 10

Saya merekomendasikan anime ini untuk kalian yang suka dengan genre Mecha maupun yang tida begitu tertarik dengan genre tersebut, karena anime ini benar - benar mudah untuk menarik perhatian kedua audience dengan ceritanya yang serius dengan komedi sampingan yang benar - benar mengocok perut. Tidak lupa juga adegan aksinya yang dibuat dengan bagus pasti dapat membuat kalian menikmati anime ini dengan mudah.


Popular posts from this blog

Berapa Jumlah Naga Dalam Anime Dragon Ball?

Fakta Rahasia Ciel Phantomhive Kembar dalam Manga Black Butler

Butuh kehangatan? Ini Dia 11 Karakter Anime Pria Paling “Hot”