author photo
Pernahkah kalian mendengar Istilah Light Novel/LN dan Visual Novel/VN ? kita yang sudah mengenal dunia anime tentu harus mengetahui istilah-istilah seperti LN, VN dan novel biasa, dan juga arti beserta pengertian dari masing-masing istilah tersebut agar dapat memahami lebih dalam dunia sastra, jangan berprasangka, Light novel juga merupakan karya sastra, begitupula dengan manga.


Pengertian Light Novel
Light Novel terdiri dari 2 kata yaitu Light dan Novel, Light yang berarti Ringan dan Novel yang berarti Novel, jadi Light Novel merupakan sebuah Novel Ringan, Isi dari Light Novel pada umumnya sama dengan novel kebanyakan, hanya saja Light Novel memiliki halaman yang lebih sedikit dari pada novel biasa.
 

Pengertian Visual Novel


Visual Novel terdiri dari 2 kata yaitu Visual dan Novel, Visual yang berarti gambaran, bentuk, dan sesuatu yang berbentuk. Sedangkan Novel berarti novel, jadi Visual Novel sendiri merupakan Sebuah Game yang dapat dimainkan di PC, PSP dan media game lainnya sesuai dengan jenis permainannya, jika pada Light Novel kita hanya bisa menerima bagaimana ending yang dibuat oleh pengarang anime itu sendiri, maka berbeda lagi dengan Visual Novel yang endingnya bisa kita tentukan terserah kita.

Lah,  kok bisa menentukan Ending sendiri di Visual Novel ? dari pada disebut sebagai sebuah Novel, Sebuah Visual Novel lebih cocok dibilang sebuah game dari pada sebuah Buku, karena untuk menentukan rute kita dapat memilihnya sesuka hati kita, bisa dibilang ada Route dengan Good Ending, ada juga Route dengan Bad Ending.


Apakah Light Novel bisa disamakan dengan Novel Biasa ? Tentu saja, pada Dasarnya Light Novel tetaplah sebuah novel, hanya saja tebal(Jumlah halaman) buku pada light novel lebih tipis dari pada sebuah Novel.

Tahukah anda, sebelum anime dibuat, mungkin saja yang pertama kali dibuat adalah Light Novel, jika cerita Light Novel itu dianggap menarik dan unik, maka akan diangkat menjadi sebuah Manga, jika jalan cerita yang diciptakan tersebut cukup berkesan untuk menarik para penonton, barulah akan dibuatkan dalam versi anime, walau dalam beberapa kasus sebuah anime bisa langsung diangkat dari manga, tanpa harus membuat Light novelnya terlebih dahulu.

Light Novel / LN sendiri sudah mulai ada sejak tahun 1970-an, wah lama banget bukan ? lebih lama dari pada ditemukannya anime dan manga.

Adapun Ciri-Ciri Dari Sebuah Light Novel adalah :

1. Biasanya Light Novel menceritakan tentang kehidupan Laki Laki atau Cowok yang berusia dibawah 20 tahun-an (Untuk membuat cerita lebih menarik).

2. Memiliki sebuah Genre tertentu yang dapat kita pilih, mulai dari Action, Adventure, Comedy, Romance, dan genre lainnya.
3. Text mengenai Kalimat Percakapan dibandingkan dengan Kalimat kalimat lainnya,Lebih banyak mengandung kalimat percakapan antar Tokoh.
4. Light Novel Bisa Dibuat Oleh Semua Orang.
5. Jumlah Halaman Lebih sedikit daripada Novel Biasa.
6. Cover Light Novel berisi tentang sedikit Ilustrasi tentang Light Novel tersebut yang berfungsi untuk menarik minat pembaca agar membeli Novelnya.
7. Target Penjualan Light Novel adalah SMP, SMA, dan Mahasiswa (Light Novel bisa Dinikmati oleh semua kalangan Usia).

Target-target untuk penjualan sebuah Light Novel adalah dari kalangan anak kecil sampai kalangan dewasa, dan kalangan laki-laki sampai dengan kalangan perempuan, bisa dibilang Light Novel merupakan sesuatu yang tidak mengenal umur dan tetap menarik perhatian banyak orang.

Mungkin kita pernah menemui beberapa Light Novel seperti Light Novel dari anime Date A Live, Sword Art Online, Sakurasou no pet na Kanojo. Light Novel merupakan sebuah alternatif untuk mengetahui alur cerita selanjutnya karena anime tersebut tidak memiliki episode lanjutan, maka sebagai alternatif kita dapat menggantikannya dengan membaca Manga atau pun Light Novel, karena pada umumnya storyboard pada Manga maupun Light novel lebih kedepan dari pada versi animenya.



Pada Light Novel, tidak hanya terdiri dari text text saja, melainkan juga melampirkan beberapa gambar untuk mengilustrasikan sebuah cerita agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Satuan banyaknya Bab pada Light Novel adalah Volume (Vol.), jika pada Manga adalah Chapter, sedangkan Pada Anime disebut dengan Episode, ya ini juga bukan patokan sebenarnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post