Wajib Baca! Panduan Singkat Ennichisai 2019



Sekilas Tentang Event Tahunan Ennichisai

Festival Jepang (Matsuri) Little Tokyo Ennichisai yang mendatangkan lebih dari 300.000 pengunjung ini akan kembali diselenggarakan di tahun 2019 pada tanggal 22-23 Juni. Bertempat di kawasan Blok M, tahun ini adalah pelaksanaan Ennichisai yang ke-10 dan dirayakan sebagai 10th Anniversary dengan tujuan mempromosikan kawasan Blok M dengan banyak restoran Jepang dan area belanja yang cocok sebagai tujuan wisata di Jakarta. Didukung  oleh kedutaan besar Jepang dan pemerintah kota Jakarta Selatan, Ennichisai menjadi sebuah acara yang ditunggu setiap tahunnya di Indonesia.


Hadirkan Tema “UNITY”


Ennichisai tahun ini mengambil tema  “Danketsu” atau “Unity”. Tema tersebut dibuat mengingat Ennichisai adalah sebuah acara yang mempersatukan      berbagai      macam     pengunjung      dan      tidak membeda-bedakan siapapun yang  hadir di Ennichisai, semua bersatu untuk  menikmati kemeriahan, seperti persatuan Indonesia yang terjalin karena  akan  menyambut  pemerintahan  setelah  pemilu.  Hal ini Seiring dengan  pergantian  kaisar di Jepang  yaitu memasuki  era  bernama  REIWA (Beautiful  Harmony)  yang bermaknakan “perdamaian dan harmoni” diharapkan Ennichisai menyatukan semangat persatuan Indonesia  dan harmoni  Jepang  dalam  perubahan  era  yang baru demi kedamaian dan persahabatan. Logo dibuat oleh Kaligrafer Taro Todoroki dari Jepang, dan tahun ini juga akan  buka booth untuk memberikan workshop di Ennichisai.

Street Performance



Tahun 2019, street performance ENNICHISAI semakin meriah dengan hadirnya  parade  tahunan Omikoshi   dan Dashi. Kemudian pertunjukan Kochi Yosakoi dan Oiran Douchu yang khas. Tarian Yosakoi menggelar kembali kontest Yosakoi. Ada juga kecerian pertunjukan dari Cheerleader Anak-anak dan Okinawa Eisa. Jangan  lewatkan  juga keindahan  kostum dan kejutan  penampilan  dari para  street performer di akhir acara Ennichisai 2019.


Stage Performance

ENNICHISAI memiliki 3 stage yaitu

1.  Main Stage (Traditional, Band)
2.  Pop Culture Stage (Pop Culture, Performer dari Jepang, JKT48, Cosplay)
3.  Chika Stage (Berbagai komunitas hobi Jepang, Idol lokal, Band lokal)


MAIN STAGE (Lokasi - Samping Boutique Hotel)


M Stage adalah panggung utama di Ennichisai, untuk memperkenalkan budaya dan seni tradisional Jepang misalnya Taiko (musik tradisional), Shodo (lukisan tradisional), Buyou (tarian tradisional), dan kesenian tradisional dari Indonesia juga ada. Ada juga Yosakoi dan Eisa (tarian tradisional) yang ditampilkan oleh orang Indonesia. Kami harapkan panggung ini menjadi tempat  yang  bisa  saling  menikmati  budaya Jepang dan Indonesia. Yang paling utama adalah penampilan tim Bonten dengan Kojima Chieko sebagai    Taiko    performer   professional   dari
Jepang, akan tampil pada tanggal 22 -23 Juni malam dengan penampilan yang keren sekali. Jika belum tahu  apa  itu  Taiko,  pasti  akan   tertarik  oleh  penampilannya.  Anda   wajib  menonton  seluruh pertunjukannya!


POP CULTURE STAGE (Lokasi - Belakang Blok M Square)


Pengisi acara yang saat ini direncanakan adalah JKT48, Idol Enka Girls, boys idol CoLoN:, Addiction, dan Tersera Traps, idol bigo dari Jepang, Virtual Idol Love Pledge, Rei Naria kembali ke Ennichisai dengan vokalis Shion Aoyagi, dan lainnya. DJ session oleh Tsukimomo, Vibetronic (Surabaya), dan REDSHiFT. Ennichisai juga kembali akan menyelenggarakan Grand Final Kompetisi Cosplay tingkat Nasional (ICGP, Indonesia Cosplay Grand Prix) dan parade cosplay, cosplay performance dari KOMUTOKU (Komunitas Tokusatu) dan mini theater cosplay dari COSURA (Cosplay Surabaya)


CHIKA STAGE (Lokasi - Belakang Blok M Square)


Chika Area pada tahun 2019 akan kembali diadakan karena banyaknya animo dari pengunjung yang datang


BOOTH

1.   Sponsor Booth              : 30 booth
2.  F&B Booth                    : 80 booth
3.  Non F&B Booth             : 70 booth
(Jumlah perkiraan per 01 Mei 2019)

Untuk  area booth baik kulner maupun pernak pernik, tahun ini Ennichisai diikuti oleh booth makanan seperti takoyaki, okonomiyaki, ikayaki, ramen, sushi, ringo ame dan lain sebagainya. Ada juga aneka pernak  pernik  seperti  nekomimi,  anime  t-shirt,  uchiwa, dll, kemudian ada promo produk seperti otomotif, minuman, alat tulis, dll.



AREA PENDIDIKAN


Khusus untuk tahun ini Ennichisai tidak hanya memanjakan penggemar  kuliner dan  kebudayaan Jepang. Area booth pendidikan dibuat bagi para pengunjung yang tertarik mencari informasi untuk  sekolah di Jepang. Ada beberapa sekolah dan lembaga yang hadir di Education Area di dekat Pop Stage.


Total Booth : 8 booth
diantaranya, Gakushudo, Sendai Ikuei Gakuen (SMA), JEI Consulting, GLOBIS Asia Campus Singapore, Shinjuku Japanese Language Institute, Yokohama International Education Academy, ECC  Kokusai College of Foreign Languages, Interculture Language Academy. Beberapa sekolah tersebut bisa di cek pada website: jeducation.co.id


TRANSPORTASI


Kemudian bagaimana cara untuk berkunjung ke Ennichisai 2019? Para pengunjung dianjurkan untuk menggunakan MRT , Busway, atau online karena lokasi parkir kendaraan terbatas. Cukup dengan tujuan ke terminal Blok M, maka para pengunjung sudah bisa mengetahui dimana lokasi Ennichisai 2019. Pengunjung juga diperbolehkan menggunakan pakaian khas Jepang untuk berkunjung ke Ennichisai 2019 untuk merasakan pengalaman seru serasa di negara Jepang, apalagi di Ennichisai banyak sekali warga Jepang asli yang ikut serta dan menggunakan bahasa Jepang.

Popular posts from this blog

Berapa Jumlah Naga Dalam Anime Dragon Ball?

Fakta Rahasia Ciel Phantomhive Kembar dalam Manga Black Butler

Butuh kehangatan? Ini Dia 11 Karakter Anime Pria Paling “Hot”