Model Kit Gundam, Pilih Asli BANDAI Atau Bootleg?

Siapa yang hobi dengan model kit? Pasti tak asing dengan merk model kit BANDAI. Nah, ternyata model kit Gundam ini tidak hanya dikeluarkan oleh pabrikan BANDAI Jepang. Ada juga Gundam keluaran pabrikan China dengan berbagai merek seperti TT Hongli, Daban atau juga Dragon Momoko. Nah, Gundam non-BANDAI itu yang kemudian disebut dengan Gundam bootleg, palsu ataupun juga KW. 
Kabarnya kemunculan produk-produk tersebut di Indonesia sempat menimbulkan ‘perang’ antar penggemar. Kami sendiri tidak tahu perkembangan perang itu bagaimana. Namun gosipnya sih, ada penggemar Gundam BANDAI yang sampai mengirim surel ke BANDAI terkait penyebaran Gundam bootleg tersebut.
MG Gundam Bandai Vs Daban Hongli

Kelebihan Model Kit Gundam Bootleg

Seperti produk China pada umumnya, maka Gundam bootleg seperti Daban, TT Hongli dan Dragon Momoko ini memiliki keunggulan dari sektor harga. Keberadaan Gundam BANDAI yang cukup mahal ternyata menjadi peluang tersendiri buat Daban, TT Hongli dan Dragon Momoko untuk mengambil celah pasar tersebut. Bayangkan saja, dengan model dan grade yang sama, maka Gundam bootleg ini bisa kita dapatkan dengan harga sekitar 1/3 hingga 1/4 dari harga yang dibanderol Gundam BANDAI. 
Pilihan level atau grade yang disediakan oleh pabrikan Gundam KW ini juga cukup lengkap. Mulai dari level SD, HG, MG hingga PG. Sepertinya, kami hanya belum pernah menemukan Gundam bootleg ini pada level RG saja.

Kekurangan Model Kit Gundam Bootleg

Nah, yang namanya barang KW, palsu, aspal atau apapun itu namanya, tentu ada kekurangan tersendiri kalau dibandingkan dengan yang asli. Diantaranya yang mungkin dapat dirasakan adalah snapfit yang kurang presisi. Terkadang kita harus bekerja lebih ekstra jika ingin memasangkan bagian-bagian dari model kit yang sedang kita rakit. Entah itu membesarkan lubang snapfit, menggerus pin yang terlalu besar dan sebagainya. 
Kemudian, beberapa pengguna mengeluhkan bahan plastik yang keras dan juga mudah patah, serta berbau kurang sedap saat dikikir atau di amplas. Selain itu, penggunaan cat yang kurang presisi dengan warna asli Gundam juga sering menjadi salah satu masalah. Maka dari itu, Gundam bootleg banyak dijadikan pilihan oleh mereka yang sedang belajar me-repaint atau mengecat ulang sesuai warna yang mereka mau.
Bootleg Gundam DABAN OO Raiser

Pilih Gundam BANDAI atau Bootleg?

Kalau sudah bicara soal pilihan, maka itu kembali ke selera masing-masing saja. Jika anda ingin mengoleksi dan memiliki kebanggaan terhadap koleksi original, pilihlah BANDAI. Toh sudah banyak penjual yang membanderol dagangan mereka dengan harga relatif miring. Atau menunggu diskon besar-besaran di toko mainan anak juga bisa deh. Tapi kalau anda sekedar iseng coba-coba, memiliki budget terbatas, atau ingin belajar repaint dan remodelling, pilih yang KW juga tidak ada salahnya. Toh sama-sama bermain dan merakit. Asal jangan saling serang dan saling menjelekkan saja.
Jadi, kalau kamu mau pilih yang mana, BANDAI atau Hongli Daban Dragon Momoko Cs??

Source : Ikurniawan.com

Popular posts from this blog

Berapa Jumlah Naga Dalam Anime Dragon Ball?

Fakta Rahasia Ciel Phantomhive Kembar dalam Manga Black Butler

Butuh kehangatan? Ini Dia 11 Karakter Anime Pria Paling “Hot”