Sunday, May 31, 2015

author photo
Menjadi seorang yang diprediksi akan sukses adalah suatu hal yang membanggakan. Selain membanggakan, di sisi lain juga menimbulkan beban tersendiri. Bisa dibilang beban ini amatlah berat. Ekspetasi yang tinggi akan melahirkan kekecewaan yang tinggi juga jika tidak terlaksana.

Barakamon berkisah tentang seorang "Seishu Handa" pembuat kaligrafi jepang muda yang dianggap berbakat. Semua berjalan lancar hingga pada suatu titik yang di sebut kebuntuan atau stagnan itu muncul. Kaligrafi buatannya dianggap tidak punya variasi dan tidak original seperti mencontoh buku panduan saja. Handa merasakan bahwa dirinya tidak bisa berkembang dan hanya ada pada level itu saja. Jika diibaratkan jalan masih jauh namun kendaraan yang digunakan mogok ditengah jalan tanpa bisa diperbaiki.

Semua orang pasti pernah mengalami fase kemandekan. Menitikberatkan pada satu hal yang kita anggap akan membuat sukses namun kenyaannya kita sulit berkembang. Buntu, berhenti, mandeg, atau tak bisa melangkah akan jadi beban seumur hidup jika tidak bisa diatasi. Ada yang akhirnya menyerah setelah stagnan namun yang terbaik adalah berusaha melawannya.

Problematika setiap orang tidak mungkin sama, itu sudah pasti. Walau berbeda tidak ada salahnya bagi kita belajar dari hal lain. Anime barakamon cukup banyak menginspirasi kita bagaimana cara melawan kestagnanan itu.



Awalnya ingin lari dari masalah dengan mengunjungi pulau terpencil. Ternyata justru di pulau inilah dia bisa berubah. Di pulau inilah dia bertemu banyak orang baru dan belajar banyak hal. Di daerah ini juga akhirnya dia menemukan apa yang selama ini kosong dalam dirinya.

Yang dibutuhkan ternyata keluar sejenak dari lingkungan lama dan mencari lingkungan baru. Dengan keluar maka akan ada banyak hal yang tidak bisa didapatkan saat berdiam diri. Mencari suasana yang baru nampaknya adalah salah satu solusi bagi kestagnanan kita. Dengan berada di lingkungan baru dia akhirnya mendapatkan pelajaran hidup yang baru juga. Diceritakan dalam anime barakamon, kisah hidup selama dipulau itulah yang akhirnya memberi inspirasi baru dalam membuat kaligrafi.

Ada banyak kelucuan natural dalam anime ini. Bukan sekedar lucu namun kita bisa mengambil banyak hikmah karena cerita yang ada benar-benar terasa natural. Alur yang ada dalam anime ini berjalan apa adanya membuat barakamon semakin menarik untuk disimak. Tak ada salahnya bagi kita meluangkan waktu sejenak untuk menonton seluruh episode anime ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post